Desa Sumbergiri Kembali Dipilih Menjadi Lokasi KKN UNY 2018

Operator Desa 03 Agustus 2018 14:37:06 WIB

Mahasiswa memiliki kewajiban menerapkan Tridharma perguruan tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian. Kuliah Kerja Nyata atau KKN, menjadi salah satu wujud pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dalam masa studinya. Pada tahun ini, Desa Sumbergiri kembali dipilih menjadi lokasi KKN dari Universitas Negeri Yogyakarta. Setidaknya terdapat 88 mahasiswa yang terbagi kedalam delapan kelompok dan ditempatkan di delapan padukuhan yang berbeda. Delapan padukukuhan tersebut meliputi Plataran, Wonodoyo, Payak, Koripan 1, Koripan 2, Gedaren 1, Gedaren 2, dan Bendogede 1.

Pada tanggal 16 Juli lalu, telah terlaksana upacara penyerahan KKN UNY 2018 yang bertempat di Balai Desa Sumbergiri. Upacara yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen, Kapolsek Ponjong, dan jajaran perangkat desa ini bertujuan untuk menyerahkan mahasiswa KKN secara resmi dari universitas kepada desa. Upacara diawali dengan sambutan dari Kompol Mugiman, S.I.P. selaku Kapolsek Ponjong  dengan memberikan pemaparan terkait keamanan dan keselamatan mahasiswa. Beliau menekankan kepada mahasiswa agar dapat menjadi contoh kepada warga berkaitan dengan ketertiban dalam hal apa pun. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Musthofa Fajrudin, S.P. selaku Sekretaris Desa Sumbergiri. Dalam sambutannya Bapak Sekretaris Desa menyampaikan harapan agar mahasiswa dapat belajar dari masyarakat selama menjalankan KKN.  Selain itu, Bapak Agus Maman Abadi selaku Dosen Pembimbing Lapangan menambahkan bahwa program kerja yang akan diangkat adalah program-program yang mengarah kepada kebutuhan masyarakat sehingga, unsur pengabdian dapat tercapai.

Usai sambutan, koordinator desa dari mahasiswa, Syukron Anwaruddin menyampaikan  prakata. Dalam prakatanya Syukron mengharapkan kerjasama dan bimbingan dari seluruh warga selama menjalankan KKN di Desa Sumbergiri. Selain itu, Ibu Sriyati selaku perwakilan dari Jajaran Dukuh menyampaikan agar mahasiswa dapat bersosialisasi dengan baik dalam bermasyarakat sehingga dapat mengamalkan ilmu yang mereka miliki. Diakhir kegiatan, upacara ditutup dengan foto bersama seluruh mahasiswa peserta KKN bersama jajaran perangkat Desa Sumbergiri. Dengan demikian, mahasiswa UNY secara resmi telah diterima dan diperkenankan untuk menjalankan berbagai kegiatan KKN di Desa Sumbergiri selama kurang lebih 1,5 bulan kedepan.

(Chozin/Indah/Rina)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Sumbergiri

tampilkan dalam peta lebih besar